Today's Quote :::

"Jika kamu tak menghargai dirimu sendiri, orang lain tak akan pernah menghargaimu. Jangan sampai kehilangan dirimu yang berharga." - pepatah
Are you using mobile device?

View Mobile Version


Thursday, March 10, 2011

Apa sih yang Dimaksud Tahun Cahaya?

Hi, AsalBaca!
Kemaren-kemaren ada temen saya tanya apa sih maksud dari tahun cahaya??

Ya seperti biasa buat njawabnya saya musti mastiin dulu.. Terus saya tanya ama eyang google. Hehe



Yap, katanya Tahun Cahaya itu merupakan satuan jarak yang digunakan untuk mengukur jarak tapi mungkin masih banyak orang yang ketika mendengar kata tahun cahaya akan berpikir tentang satuan waktu ketimbang jarak karena ada kata tahun gitu yang biasanya memang digunakan untuk menandakan waktu.
Namun demikian, dalam astronomi tahun cahaya digunakan sebagai penanda jarak.

Pada umumnya yang kita ketahui sebagai penanda jarak adalah meter, kilometer, mil, inci atau centimeter. Namun jika para astronom dengan teleskopnya melihat bintang, keadaan menjadi berbeda dari apa yang kita ketahui di Bumi. Jarak yang ditemui sangatlah besar. Bahkan
untuk jarak Bumi dengan bintang terdekatnya (selain Matahari) mencapai 38.000.000.000.000 kilometers. (baca kembali: cara membaca angka yang nolnya lebih dari 14)

Nah itu bintang yang terdekat. Sementara masih ada banyak sekali bintang yang jaraknya jutaan kali lebih jauh dari jarak tersebut.
Jika kita mulai berpikir tentang perbedaan jarak yang besar tersebut, maka sangat tidak praktis kalau satuan kilometer, meter, mil masih tetap digunakan sebagai penanda jarak.

Mengapa? apakah tidak relevan?

Satuan jarak tersebut masih sangat relevan. tapi peningkatan angkanya sudah terlampau besar. Kita tidak berbicara tentang jarak 10 km atau 10000 km, melainkan milyaran km. Dan tidak ada seorang pun yang mau berbicara sambil mengingat 20 digit angka atau menuliskan 20 digit angka tersebut ya kan?
Makanya untuk mengukur jarak yang sangat besar itu, digunakan satuan tahun cahaya.

Nah, yang dimaksud tahun cahaya adalah jarak yang dapat ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun ketika melewati ruang hampa udara, dimana dalam 1 detik cahaya merambat sekitar 300.000 km (Itulah yang menjadi titik awal dibentuknya satuan Tahun Cahaya).

Jadi apabila jarak atar galaksi adalah 1 Tahun Cahaya, jarak tersebut jika dinyatakan dalam kilometer adalah:

1 hari = 86.400 detik
1 tahun = 31.536.000 detik
1 tahun cahaya = 300.000 X 31.536.000 Km = (ma'af, saya tidak dapat menghitung jarak sebenarnya karena kalkulator saya ngak cukup hehe)

Itulah arti sebenarnya satuan Tahun Cahaya.

Oh ya satu lagi, apabila kita mendengar berita bahwa saat ini terjadi tabrakan antar galaksi diruang angkasa yang jaraknya 32 juta tahun cahaya, itu artinya kejadian tersebut tidaklah terjadi saat para astronom melihat kejadian tersebut loh, melainkan telah terjadi 32 juta tahun yang lalu. Hal itu dikarenakan cahaya yang terlihat akibat kejadian tersebut membutuhkan waktu 32 juta tahun untuk sampai ke bumi karena jaraknya sangat jauh.

~ semoga bermanfaat ~

AsalSumber :
http://simplyvie.com/2007/04/11/apa-itu-tahun-cahaya/
http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2125003-satuan-jarak-di-bidang-astronomi/

Spy Cam