Today's Quote :::

"Jika kamu tak menghargai dirimu sendiri, orang lain tak akan pernah menghargaimu. Jangan sampai kehilangan dirimu yang berharga." - pepatah
Are you using mobile device?

View Mobile Version


Monday, March 14, 2011

Asyiknya FireFox versi Mobile

Hi, buat AsalBaca pengguna PC yang senang internet-an pasti sudah tak asing lagi sama bowser Mozilla Firefox.

Yap, browser yang terkenal dengan seabreg add-on ini membuat pengguna dapat melakukan kustomisasi yang membuat pengguna dapat tampil beda.
Tidak hanya add-ons, sidebar, extensions dan themes juga dapat ditambahkan.

Nah, bagi salB pengguna dan penggemar Firefox, kini browser tersebut dapat dinikmati di ponsel loh. Untuk versi ponsel, browser ini dinamakan Fennec.

Sayangnya browser ini baru dapat dinikmati pada ponsel dengan OS (Operating System) Maemo dan Android, tapi kemungkinan browser ini juga akan merambah OS lainnya *semoga saja sampai OS java amin hehe.

Mau tau apa saja kelebihannya, ikuti langkah berikut yang saya kutip dari Pulsa Online :::

1. Download aplikasinya di sini atau jika lewat browser ponsel dapat dikunjungi di sini


2. Setelah browser diinstal dan dijalankan, salB akan
diperlihatkan dengan halaman awal berupa fitur sinkronisasi antara ponsel dan PC, fitur kustomisasi browser dan pengaturan saat awal membuka browser ini nantinya.


3. Pada fitur kustomisasi, menu pertama yang tampak adalah pengaturan perlu tidaknya sinkronisasi, halaman awal apa yang mau ditampilkan dan beragam pengaturan lainnya.

Layaknya browser pada PC/laptop, menu kedua berisi halaman download dimana salB dapat membuka hasil download atau menghapusnya (delete).


4. Menu ketiga pada pengaturan adalah update add-ons. Saat ini masih puluhan add-ons yang dapat ditambahkan, mulai dari bigger text (tampilan huruf menjadi lebih besar), firefound (sejenis anti theft), easy reading (menampilkan halaman dalam satu layar penuh) dan masih banyak lagi. Pilih add-ons sesuai kebutuhan saja. Bila sudah selesai menambahkan add-ons, browser akan meminta salB melakukan ‘restart’.

Sedangkan menu selanjutnya adalah ‘beta tester tools’. Ini merupakan fitur sumbang saran/feed back buat Firefox.


5. Bila ingin mengunjungi sebuah situs, salB dapat mengetikkan alamatnya pada bar kosong dibagian atas dan meNgekliknya. Tampilan halaman web lengkap layaknya pada PC akan tertampil penuh. salB dapat juga menampilkannya menjadi lebih kecil/lebih besar dengan memanfaatkan fungsi ‘zoom’.



6. Bila kembali ke halaman utama, salB dapat mengetikkan alamat yang pernah dikunjungi/ memanfaatkan fitur ‘your tabs from last time’.
Artinya browser menyimpan alamat halaman yang pernah dibuka dan menampilkannya dalam urutan waktu terkini hingga yang terakhir.

Dengan meNgeklik pojok kiri atas, salB dapat menampilkan catatan halaman yang pernah dikunjungi dalam format yang berbeda. Terdapat 3 opsi yang dapat dipilih. Menampilkan semua halaman, atau berdasarkan bookmark yang pernah dibuat atau history dengan urutan waktu terkini.


7. Pada saat membuka sebuah halaman, salB dapat menyimpan tampilan halaman tersebut ke dalam format pdf. File pdf yang disimpan tersebut dapat dibuka menggunakan pdf reader atau aplikasi sejenis. Yang menarik, file pdf yang disimpan tidak hanya menampilkan yang tampak di layar tapi satu halaman penuh dari web tersebut loh. Saat uji coba, halaman facebook yang disimpan ketika dibuka menjadi 8 halaman pdf.


8. Masih banyak fitur lain yang dapat dimanfaatkan. Misalnya, salB dapat mencari sebuah kata pada sebuah halaman web yang tampil. Sharing halaman tersebut pada beberapa situs jejaring sosial/
menambahkan sebuah search engine tertentu. Singkat kata, hampir semua fitur yang terdapat pada browser versi PC terdapat pada versi mobilenya.
Bila masih butuh bantuan dalam penggunaan, pilih saja fitur helpnya.


~selamat mencoba yah salB~

Spy Cam